Hingga 5 file, masing-masing ukuran 10M didukung. baik
Shenzhen Richconn Technology Co., Ltd 086-0755-28025755 richer@richconn.com.cn

Berita

Dapatkan Penawaran
Rumah - Berita - Berbagai proses pengaturan alat cerdas CNC dan trennya

Berbagai proses pengaturan alat cerdas CNC dan trennya

July 20, 2022

Berbagai proses pengaturan alat cerdas CNC dan trennya

Tinjauan: pengaturan pahat (asal penentuan pahat) adalah operasi utama dan keterampilan penting dalam pemesinan CNC.Dalam kondisi tertentu, akurasi pengaturan pahat dapat menentukan akurasi pemesinan suku cadang, dan efisiensi pengaturan pahat juga secara langsung mempengaruhi efisiensi pemesinan CNC.Tidak cukup hanya mengetahui metode pengaturan pahat, tetapi juga berbagai metode pengaturan pahat dari sistem CNC dan metode pemanggilan metode ini dalam program pemesinan.Pada saat yang sama, kita harus mengetahui keuntungan dan kerugian dari berbagai metode pengaturan alat, kondisi penggunaan, dll.

berita perusahaan terbaru tentang Berbagai proses pengaturan alat cerdas CNC dan trennya

Richconn Technology Co., Ltd |informasi CNC

1. Prinsip pengaturan pisau

Tujuan dari pengaturan pahat menetapkan sistem koordinat benda kerja.Secara intuitif, pengaturan pahat menetapkan posisi benda kerja di meja kerja pahat mesin, yang sebenarnya untuk menemukan koordinat titik pengaturan pahat dalam sistem koordinat pahat mesin.

Untuk mesin bubut CNC, titik pengaturan pahat harus dipilih terlebih dahulu sebelum pemesinan.Titik pengaturan pahat mengacu pada titik awal pahat relatif terhadap benda kerja saat mengerjakan benda kerja dengan pahat mesin CNC.Titik pengaturan pahat dapat diatur pada benda kerja (seperti datum desain atau datum pemosisian pada benda kerja) atau perlengkapan atau perkakas mesin.Jika diatur pada suatu titik pada perlengkapan atau perkakas mesin, titik tersebut harus mempertahankan hubungan dimensi tertentu dengan datum pemosisian benda kerja.

Selama pengaturan pahat, titik pahat harus bertepatan dengan titik setelan pahat.Yang disebut titik pahat mengacu pada titik referensi pemosisian pahat.Untuk alat pembubutan, titik pahat adalah ujungnya.Tujuan dari pengaturan pahat adalah untuk menentukan nilai koordinat absolut dari titik pengaturan pahat (atau asal benda kerja) dalam sistem koordinat mesin dan mengukur nilai penyimpangan posisi pahat dari pahat.Keakuratan penyelarasan titik pahat secara langsung mempengaruhi akurasi pemesinan.

berita perusahaan terbaru tentang Berbagai proses pengaturan alat cerdas CNC dan trennya

Richconn Technology Co., Ltd |informasi CNC

Dalam pemrosesan benda kerja yang sebenarnya, penggunaan satu pahat umumnya tidak dapat memenuhi persyaratan pemrosesan benda kerja, dan biasanya, lebih dari satu pahat digunakan untuk pemrosesan.Saat menggunakan beberapa pahat pembubutan untuk pemesinan, posisi geometris ujung pahat akan berbeda setelah pahat berubah di bawah kondisi bahwa posisi penggantian pahat tetap tidak berubah, yang mengharuskan pahat yang berbeda dapat memastikan operasi normal program saat memulai pemesinan pada waktu yang berbeda. posisi awal.

Untuk mengatasi masalah ini, sistem CNC mesin perkakas dilengkapi dengan fungsi kompensasi posisi geometris pahat.Dengan menggunakan fungsi kompensasi posisi geometris pahat, selama penyimpangan posisi masing-masing pahat relatif terhadap pahat referensi yang dipilih sebelumnya diukur terlebih dahulu, itu dimasukkan ke dalam nomor grup yang ditentukan di kolom koreksi parameter pahat dari sistem CNC , dan penyimpangan posisi pahat dapat dikompensasikan secara otomatis di jalur pahat dengan menggunakan perintah t dalam program pemesinan.Pengukuran penyimpangan posisi pahat juga perlu diwujudkan melalui operasi setting pahat.

2. Metode pengaturan pisau

Dalam pemesinan CNC, metode dasar pengaturan pahat meliputi pemotongan percobaan, instrumen pengaturan pahat, dan pengaturan pahat otomatis.Makalah ini mengambil mesin penggilingan CNC sebagai contoh untuk memperkenalkan beberapa metode pengaturan pahat yang umum.

  1.  
  2.  

2.1 Pemotongan percobaan dan pelurusan pisau

Metode ini sederhana dan nyaman, tetapi akan meninggalkan bekas pemotongan di permukaan benda kerja, dan akurasi perangkat rendah.Mengambil titik pengaturan pahat (yang bertepatan dengan asal sistem koordinat benda kerja) di tengah permukaan benda kerja sebagai contoh, metode pengaturan pahat bilateral diadopsi.

berita perusahaan terbaru tentang Berbagai proses pengaturan alat cerdas CNC dan trennya

Richconn Technology Co., Ltd |informasi CNC

1)x.Pengaturan pisau arah-Y。

Pasang benda kerja pada meja kerja melalui fixture.Saat menjepit, posisi pengaturan pahat harus dicadangkan di keempat sisi benda kerja.

Mulai putaran spindel kecepatan sedang, gerakkan meja kerja dan spindel dengan cepat, buat pahat bergerak cepat ke posisi yang dekat dengan sisi kiri benda kerja dengan jarak aman tertentu, lalu kurangi kecepatan untuk bergerak mendekati kiri sisi benda kerja.

Saat mendekati benda kerja, gunakan operasi fine-tuning (umumnya 0,01mm) untuk mendekat, biarkan pahat perlahan mendekati sisi kiri benda kerja, sehingga pahat hanya menyentuh permukaan kiri benda kerja (amati, dengarkan suara pemotongan, lihat tanda pemotongan, lihat keripik, selama ada satu situasi, itu berarti pahat menyentuh benda kerja), dan kemudian mundur 0,01mm.Tuliskan nilai koordinat yang ditampilkan dalam sistem koordinat mesin saat ini, seperti -240.500.

Mundurkan pahat sepanjang arah Z positif ke permukaan atas benda kerja, dekati sisi kanan benda kerja dengan cara yang sama, dan catat nilai koordinat yang ditampilkan dalam sistem koordinat mesin saat ini, seperti -340.500.

Berdasarkan ini, nilai koordinat asal sistem koordinat benda kerja dalam sistem koordinat mesin adalah {-240.500+ (-340.500)} / 2=-290.500.

Demikian pula nilai koordinat asal sistem koordinat benda kerja dalam sistem koordinat mesin dapat diukur.

Penyelarasan pisau arah 2.2Z

  • Pindahkan pahat dengan cepat di atas benda kerja.
  • Mulai putaran spindel kecepatan sedang, gerakkan meja kerja dan spindel dengan cepat, dan pindahkan pahat dengan cepat ke posisi yang dekat dengan permukaan atas benda kerja dengan jarak aman tertentu, lalu kurangi kecepatan untuk memindahkan permukaan ujung benda kerja. pahat dekat dengan permukaan atas benda kerja.

Saat mendekati benda kerja, gunakan operasi penyetelan halus (umumnya 0,01 mm) untuk mendekat, sehingga permukaan ujung pahat perlahan mendekati permukaan benda kerja (perhatikan bahwa saat pahat, terutama pemotong frais ujung, sebaiknya turunkan pahat di tepi benda kerja, dan luas permukaan ujung pahat yang menyentuh permukaan benda kerja kurang dari setengah lingkaran, cobalah untuk tidak menurunkan lubang tengah pemotong frais ujung di permukaan benda kerja ), sehingga ujung muka pahat hanya menyentuh permukaan atas benda kerja, kemudian naikkan kembali sumbu, dan catat nilai Z pada sistem koordinat mesin saat ini, -140,400, kemudian nilai koordinat koordinat benda kerja asal sistem w dalam sistem koordinat mesin adalah -140,400.

3)Masukkan nilai x, y, dan Z yang diukur ke dalam alamat penyimpanan g5* dari sistem koordinat benda kerja alat mesin (umumnya, kode g54 ~ G59 digunakan untuk menyimpan parameter pengaturan alat).

4)Masuk ke mode input panel (MDI), masukkan "g5*", tekan tombol mulai (dalam mode otomatis), dan jalankan g5* untuk membuatnya efektif.

5)Periksa apakah toolset sudah benar.berita perusahaan terbaru tentang Berbagai proses pengaturan alat cerdas CNC dan trennya

Richconn Technology Co., Ltd |informasi CNC

2.3Perataan alat dengan feeler gauge, mandrel standar, dan block gauge

Metode ini mirip dengan metode penyelarasan pahat potong percobaan, kecuali bahwa spindel tidak berputar selama penyelarasan pahat, dan feeler gauge (atau mandrel standar, pengukur blok) ditambahkan di antara pahat dan benda kerja, tergantung pada fakta bahwa feeler gauge tidak bisa bergerak bebas.Perhatikan bahwa ketebalan pengukur feeler harus dikurangi saat menghitung koordinat.Karena spindel tidak perlu berputar untuk memotong, metode ini tidak akan meninggalkan bekas di permukaan benda kerja, tetapi akurasi pengaturan pahat tidak cukup tinggi.

  1. Penyelarasan alat dengan pencari tepi, bilah eksentrik, setter poros, dan alat lainnya

Prosedur operasi mirip dengan metode pemotongan percobaan dan penyelarasan pahat, kecuali pahat diganti dengan pencari tepi atau batang eksentrik.Ini adalah metode yang paling umum digunakan.Efisiensi tinggi, dapat memastikan keakuratan toolset.Saat menggunakan pencari tepi, harus berhati-hati agar bagian bola baja sedikit bersentuhan dengan benda kerja.Pada saat yang sama, benda kerja yang akan diproses harus menjadi konduktor yang baik, dan bidang datum pemosisian memiliki kekasaran permukaan yang baik.Setter sumbu-z umumnya digunakan untuk mentransfer (tidak langsung) perataan pahat.

2.4Transfer (tidak langsung) metode pisau

Memproses benda kerja seringkali membutuhkan lebih dari satu pisau.Panjang pisau kedua berbeda dengan panjang pisau pertama, sehingga perlu diatur ulang.Tetapi terkadang titik nol diproses, dan titik nol tidak dapat diambil secara langsung, atau tidak boleh merusak permukaan mesin.Ada juga beberapa pisau atau kesempatan yang tidak baik untuk penyelarasan alat langsung.Pada saat ini, metode perubahan tidak langsung dapat digunakan.

berita perusahaan terbaru tentang Berbagai proses pengaturan alat cerdas CNC dan trennya

Richconn Technology Co., Ltd |informasi CNC

1)Pisau pertama

  • Untuk pisau pertama masih digunakan metode trial cutting dan metode feeler gauge terlebih dahulu.Tuliskan koordinat mesin Z1 dari asal benda kerja saat ini.Setelah pisau pertama diproses, berhenti memutar spindel.
  • Tempatkan tool setter pada permukaan datar meja kerja machine tool (seperti permukaan catok).
  • Dalam mode roda tangan, gunakan tangan untuk memindahkan meja kerja ke posisi yang sesuai, gerakkan spindel ke bawah, tekan ujung bawah pisau ke bagian atas setter pahat, dan penunjuk dial berputar, sebaiknya dalam satu lingkaran, catat indikasi setter poros saat ini dan menghapus sumbu koordinat relatif.
  • Angkat poros dan lepaskan pisau pertama.
  • 2. Pisau kedua
  • Pasang pisau kedua.
  • Dalam mode handwheel, gerakkan spindel ke bawah, tekan ujung bawah pisau ke bagian atas setter pahat, penunjuk dial berputar, dan penunjuk menunjuk ke posisi angka yang sama dengan pisau pertama.
  • Catat nilai Z0 (dengan tanda) yang sesuai dengan koordinat relatif sumbu saat ini.
  • Angkat spindel dan lepaskan tool setter.
  • Tambahkan Z0 (dengan tanda) ke data koordinat Z1 di g5* dari pisau pertama asli untuk mendapatkan koordinat baru.
  • Koordinat baru ini adalah koordinat sebenarnya dari mesin perkakas asal benda kerja yang sesuai dengan pahat kedua yang ditemukan.Masukkan ke dalam koordinat kerja g5* alat kedua, untuk mengatur titik nol alat kedua.Metode pengaturan pisau lainnya sama dengan pisau kedua.

Catatan: jika beberapa pisau menggunakan g5* yang sama, langkah dan ubah untuk menyimpan Z0 dalam parameter panjang pisau kedua, dan panggil panjang pisau untuk mengoreksi g43h02 saat memproses dengan pisau kedua.berita perusahaan terbaru tentang Berbagai proses pengaturan alat cerdas CNC dan trennya

Richconn Technology Co., Ltd |informasi CNC

2.5 Penjajaran pisau atas

1)Pengaturan alat dalam arah X Y.

  • pasang benda kerja pada meja kerja mesin perkakas melalui fixture dan ganti dengan bagian tengah.
  • Pindahkan meja kerja dan spindel dengan cepat, buat bagian atas bergerak mendekati bagian atas benda kerja, temukan titik tengah garis gambar benda kerja, dan kurangi kecepatan untuk bergerak sehingga bagian atas mendekatinya.
  • Gunakan operasi fine-tuning untuk membuat bagian atas perlahan mendekati titik tengah garis gambar benda kerja sampai titik ujung atas sejajar dengan titik tengah garis gambar benda kerja, dan tuliskan nilai koordinat X dan Y di koordinat mesin sistem saat ini.

2) Lepas bagian tengahnya, pasang pemotong frais, dan gunakan metode pengaturan pahat lainnya seperti metode pemotongan percobaan dan metode feeler gauge untuk mendapatkan nilai koordinat sumbu-z.

2.6Metode pengaturan alat dari dial indicator (atau dial indicator)

1)Pengaturan alat dalam arah X Y.

Pasang batang pemasangan dial indicator pada gagang pahat, atau isap dudukan magnet dial indicator pada selongsong spindel, dan gerakkan meja kerja sehingga garis tengah spindel (yaitu bagian tengah pahat) bergerak kira-kira ke bagian tengah benda kerja, sesuaikan panjang dan sudut batang teleskopik pada kursi magnet, sehingga kontak indikator dial menyentuh permukaan melingkar benda kerja, (penunjuk berputar sekitar 0,1mm) perlahan-lahan putar poros dengan tangan , sehingga kontak dial indicator berputar di sepanjang permukaan melingkar benda kerja, Amati pergerakan penunjuk dial indicator yang nyaman, dan perlahan-lahan gerakkan sumbu dan sumbu meja kerja.Setelah beberapa kali, penunjuk dial indicator pada dasarnya berada pada posisi yang sama ketika spindel diputar (ketika kepala pengukur berputar selama satu minggu, runout penunjuk berada dalam kesalahan pengaturan pahat yang diizinkan, seperti 0,02mm).Pada saat ini, dapat dianggap bahwa pusat poros adalah asal sumbu dan sumbu.

2) Lepas indikator dial, pasang pemotong frais, dan gunakan metode pengaturan pahat lainnya seperti metode pemotongan percobaan dan metode feeler gauge untuk mendapatkan nilai koordinat sumbu-z.

2.7 Metode pengaturan alat perangkat pengaturan alat khusus

Metode pengaturan pahat tradisional memiliki beberapa kelemahan, seperti keamanan yang buruk (seperti pengaturan pahat feeler gauge, pukulan keras, dan ujung pahat yang keras mudah rusak), penggunaan waktu mesin yang lebih banyak (seperti pemotongan berulang beberapa kali untuk pemotongan percobaan ), kesalahan acak besar yang disebabkan oleh manusia, dan sebagainya.Belum mampu beradaptasi dengan ritme pemesinan NC dan tidak kondusif untuk fungsi peralatan mesin NC.

Menggunakan setter pahat khusus untuk mengatur pahat memiliki keunggulan akurasi tinggi, efisiensi tinggi, dan keamanan yang baik.Ini menyederhanakan pekerjaan pengaturan alat rumit yang dijamin oleh pengalaman dan memastikan permainan karakteristik efisiensi tinggi dan presisi tinggi dari alat mesin NC.Ini telah menjadi alat khusus yang sangat diperlukan untuk menyelesaikan kumpulan alat pada mesin NC.

Nah, barang kering hari ini akan ada di sini.Bagaimana dengan?Sudahkah Anda mempelajari tujuh metode pemasangan pisau ini?

Saat ini, manufaktur presisi dan pemrosesan suku cadang yang kompleks, yang memiliki persyaratan besar untuk alat pemotong, bukan lagi istilah yang tepat untuk beberapa industri mutakhir seperti pertahanan nasional, industri militer, kedirgantaraan, dan sebagainya;Dengan perkembangan teknologi pemrosesan dan sarana manufaktur yang berkelanjutan, pemesinan presisi diskrit telah menjadi tren pengembangan di banyak bidang industri manufaktur.Komunikasi, cetakan, mobil, medis, dan industri lainnya melakukan putaran baru peningkatan produk berdasarkan pemesinan presisi.